Pages

12 Jul 2014

Catatan harian ku

Pagi yang cerah untuk mengawali hari ku, semoga hari ini menjadi hari yang indah buat gue dan orang di sekitar gue. Dengan Bismillah gue memulai hari ini, semua yang diawali dengan yang baik, maka hasilnya juga akan baik juga kan ;).
Catatan hari ini adalah catatan yang gue ambl dari orang-orang disekitar gue, semoga catatan ini di baca banyak orang dan bisa memberikan inpirasi buat yang membaca.

Yang pertama catatan gue, gue ambil dari dari Ibu gue, beliau yang sabar dan penyayang membuat gue belajar banyak tentang kehidupan dan tentang dunia agama. Kata-kata beliau hari adalah "ketika orang yang kita sayang tiada maka jangan teteskan air mata kesedian, tapi teteskanlah air mata kebahagiaan, karena Allah lebih sayang dia dan lebih memilih dia untuk kembali kepada-Nya".
Beliau bicara seperti itu di hadapan keluarga bapak Ismail, pak Ismail merupakan keluarga kami, hari ini ibunda beliau telah di panggil Allah SWT. Sedih memang kalo ditinggal orang yang kita sayang, tapi kata-kata itu yang membuat gue sadar kalo orang yang dipanggil kesamping-Nya adalah orang-orang yang Dia sayang, lebih disayang tepatnya, semua hamba Allah pasti disayang oleh Allah ga mungkin ga, karena Allah Maha Adil lagi Maha Penyayang. Dari sini gue bisa mengambil kesimpulan kalo orang yang kita sayang tiada maka janganlah bersedih berlarut-larut, do'akanlah maka itu akan membatu orang itu, dan janganlah menganggap kalo Allah tidak sayang terhadap kita karena Allah memanggil orang yang kita sayang, justru sebaliknya Allah sayang kepada orang itu lebih dari kita dan Allah juga sayang kepada kita, karenanya Dia memanggil orang yang kita sayang.

Yang kedua adalah dari seorang pemuda yang sangat sabar. Sungguh luar biasa pemuda itu dalam menghadapi cobaan dan ujian dari Allah, kesabarannya dalam menjalani hidup dan persoalannya membuat gue kagum dan ingin mengenalnya lebih dekat. Hari ini gue nunggu pemuda itu di persimpangan jalan arah ke pasar dan kewaduk, gue samperin pemuda itu dan gue sapa dengan senyuman, setelah itu gue duduk dan ngobrol dengan dia. Waktu gue tanya "apa yang membuat anda bisa sesabar ini, dan apa yang membuat ada bisa menjalani hidup hanya seorang diri?"
Dia hanya tersenyum, lalu diam beberapa saat dan menjawab "kalo sabar itu udah kewajiban saya, dan sabarlah yang membuat saya tenang dan nyaman, sabar bukan berarti harus bilang "sabar...sabar...sabar", tapi sabar juga harus didapingi dengan keikhlasan, dari kedua itu saya akan menemukan ketenangan, dan kenyamanan. sabar itu ga ada batasannya, tapi manusia yang membatasi kesabaran dalam dirinya sendiri, kalo kesabaran itu sudah dibatasi maka semua yang tadinya di tahan akan meledak dan berserakan. Saya sangat bersyukur kepada-Nya karena Dia telah memberikan hati yang luas kepada saya, hanya karena Dialah aku sabar dan hanya karena Dialah aku bisa bertahan dan menghadapi hidup ini", itulah jawabannya tapi sebelum pergi pemuda itu sempat bilang "sabar dan ikhlas adalah kunci kesuksesan dalam menjalani hidup harus ada dua komponen ini dalam setiap langkah dan perbuatan kita, hargailah hidup dan belajarlah sabar dan ikhlas dari kehidupan kita sehari-hari". Mungkin kata-kata yang terakhir yang membuat gue tertarik, menghargai hidup dan belajar sabar serta ikhlas.

Dengan cara apapun yang penting yang baik-baik kita harus menghargai hidup kita, apapun dan bagaimanapun keadaan kita, sedang apa dan sedang dimana kita, dan bersama siapa kita. Karena hidup adalah anugerah yang diberikan Tuhan kepada kita, kita bisa meliat, mendengar dan berjalan itu semua karena-Nya. Inilah kesimpulan dari catatan yang ke-2, senyum, tangis, bahagia dan sedih adalah hal yang membuat hidup lebih berwarna
kembali dan ditinggalkan adalah hal yang paling berharga dalam hidup
ketegaran dan keikhlasan adalah semangat untuk menjalani hidup
be happy and do more
hidup adalah semua hal yang kita alami bukan hanya satu komponen saja, tapi semua komponen dan semua yang kita rasakan dan lakukan adalah hidup.

Yang ketiga dari sahabat gue nih, mungkin ini tentang cinta remaja, eh..dewasa kali ya, kan udah kuliah hehehe. Sahabat gue ini ceritanya LDR, pacaran jarak jauh gitu, gue yang selalu dengerin curhatan-curhatannya, kalo dia nangis, ketawa semua diceritain ke gue, bukan hanya dia aja sih tapi hampir semua temen-temen gue, disangka gue penasehat cinta kali ya hahaha.
Dalam masalahnya kali ini sahabat gue lagi berantem ma cowoknya nah menta saran tu ma gue jadi ya gue kasih deh sarannya. saran dari gue itu gini, "berhubung lo ma cowok lo jarak jauh gue kasih saran gini aja, kalo lagi berantem itu lebih baik jalan masing-masing dulu maksud gue jangan komunikasi dulu, coba beri waktu satu atau dua hari untuk menjalani hidup masing-masing na disamping itu masing-masing dari kalian harus instropeksi diri, jangan egois, jangan gegsi itu yang paling penting, nah kalo udah gitu kan otomatis akan ada rasa kangen dalam diri kalian tu, kalo lo yang kangen baget ya sms duluan lah jangan mentang-mentang cewek laju ga mau sms duluan kalo kayak gitu mah bisa-bisa end selamanya hehe, nah kalo lo udah sms dia tunggu balesannya, jangan lupa minta maaf juga tuh, walaupun lo ga salah, lo harus tetep minta maaf terlebih dahulu inget tu kata-kata gue yang diatas, cuma itu yang bisa gue kasih ke lo" kata gue. Eh malah pagi-paginya dia nelpon gue sambil nangis katanya cowoknya minta putus, duh salah kaprah ni anak, ya gue langsung tanya ke dia, emang lo apain sampe dia minta putus??, dia jawab ya gue bilang kayak yang lo bilang lah apalagi, gue bales lagi lo ngomongnya langsung kek gitu apa gimana?, dia bales ya kayak gitu lah (ada emotnya nangis), ketawa aja gue mah dengerin cerita dia, akhirnya gue minta nomernya cowoknya deh, gue sms dia dan gue yang njelasin semua sampe cowoknya paham dan bener-bener paham. Dari sini gue ngambil hikmahnya kalo minta nasehat ke temen itu jangan langsung di gunain, di pikir-pikir dulu di saring dulu jangan asal ngejeplak aja, nah kalo masalah cinta atau pacaran, semua yang pacaran pasti ada masalah, ga mungkin ga karena itu bumbunya orang pacaran dan itu yang membuat kita lebih deket dengan pacar kita. Soal nasehat yang gue kasih di atas seharusnya bilangnya baik-baik dan dikasih penjelasan dulu kalo ga kompromi dulu biar ga salah paham, kalo ga tau cara bilangya dari awal harus ada perjanjian, kayak gue ma cowok gue, gue selalu bilang ke dia kalo kita lagi ada masalah mending kita jalan masing-masing dulu, biar masing-masing dari kita bisa berfikir jernih dan bisa mengambil keputasan  yang terbaik, tapi inget pas kita jalan sendiri-sendiri jangan maen serong ya, nah kalo cowok udah setuju tinggal kasih kepercayaan yang lebih, kepercayaan itu penting baget, jangan waktu kita berantem dan jalan masing-masing terus dia sms "lagi apa kamu?" malah di bales kamu ga selingkuh kan beberapa hari ini, kalo sampe di bales kayak gitu ancur ancur deh tu hubungan, putus putus deh, dan semuanya pasti end.

Itu dulu ya catatan hari ini besok di lanjutin lagi, kalo ada yang mau tanya bisa lewat komen atau bisa inbox di fb gue, kalo ada yang mau curhat juga ga pa-pa gue seneng bisa bantu orang, itu aja ya wassalam :).
 

0 komentar: